top of page
  • Pemberitahuan Privasi

    Tanggal Amandemen: 

    Versi: 

    Tentang Bliink dan Pemberitahuan Privasi

    Selamat datang di situs Bliink

    Situs ini dimiliki, dioperasikan, dan dihosting oleh PT Bliink Global Travel (“Kami”, “Kita” atau “Bliink”), sebuah perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia. 

     

    Kami menyediakan situs web dan layanan yang tersedia secara online melalui situs web: www.bliink.id atau situs web mobile: atau aplikasi mobile: Bliink untuk iOS & Bliink untuk Android, serta berbagai akses, media, perangkat, dan platform (“Layanan Online”), baik yang telah tersedia maupun yang akan tersedia di kemudian hari.

     

    Di Bliink, privasi Anda dan perlindungan data pribadi Anda merupakan hal yang sangat penting bagi Kami. Pemberitahuan Privasi ini menjelaskan bagaimana Kami mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan, menyimpan, dan melindungi data pribadi Anda sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Pemberitahuan Privasi ini juga menjelaskan semua layanan yang Kami sediakan untuk Anda gunakan, baik layanan yang Kami operasikan sendiri maupun layanan yang dioperasikan melalui afiliasi dan/atau mitra Kami. 

     

    Untuk menjaga kepercayaan Anda kepada Kami, Kami berkomitmen untuk selalu menjaga kerahasiaan data pribadi Anda. Oleh karena itu, Kami menganjurkan Anda untuk membaca Pemberitahuan Privasi ini dengan seksama untuk memahami praktik-praktik Kami sehubungan dengan data pribadi Anda. Pemberitahuan Privasi ini mencakup hal-hal berikut:

    1. Data Pribadi yang Kami Kumpulkan;

    2. Cara Kami Menggunakan Data Pribadi Anda;

    3. Tujuan Penggunaan Data Pribadi Anda;

    4. Pendistribusian Data Pribadi;

    5. Pemindahan Data Pribadi Lintas Batas;

    6. Hak Anda atas Data Pribadi;

    7. Penyimpanan Data Pribadi;

    8. Keamanan Data Pribadi;

    9. Perubahan pada Kebijakan Privasi ini;

    10. Kekhawatiran dan Keluhan;

    11. Hukum yang Berlaku; dan

    12. Bahasa yang Digunakan.

    Data Pribadi yang Kami Kumpulkan

    Data Pribadi berarti setiap data mengenai seseorang yang diidentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi melalui sistem elektronik Kami, baik yang disediakan oleh Anda dan/atau yang Kami kumpulkan dari pihak ketiga (“Data Pribadi”). 

     

    Kami mengumpulkan Data Pribadi Anda untuk penyediaan dan peningkatan layanan Kami kepada Anda. Oleh karena itu, Kami akan meminta Anda untuk mengisi Data Pribadi Anda dengan benar, jelas, lengkap, dan akurat. Data Pribadi yang dimaksud sebagai berikut:

     

    Pembuatan Akun dan Pemesanan

    Pada saat Anda mengakses Layanan Online, membuat akun pribadi, dan/atau melakukan pemesanan, maka Anda diminta untuk memberikan kepada Kami Data Pribadi tertentu untuk tujuan pembuatan akun dan pemesanan, termasuk Data Pribadi anak, Data Pribadi penyandang disabilitas, dan Data Pribadi tamu yang menggunakan layanan melalui akun Anda, yang Anda berikan kepada Kami. Data Pribadi yang akan Kami catat dan simpan adalah sebagai berikut:

     

    A. Informasi Identifikasi

    1. Nama lengkap;

    2. Tanggal lahir;

    3. Kewarganegaraan;

    4. Jenis kelamin;

    5. Dokumen identifikasi (misalnya, Paspor atau Kartu Tanda Penduduk).

     

    B. Informasi Kontak

    1. Alamat email;

    2. Nomor Telepon;

    3. Alamat Saat Ini.

     

    Untuk Proses Transaksi atau Pembayaran 

    Kami akan meminta Anda untuk mengisi data pembayaran pada saat Anda melakukan aktivitas transaksi pembayaran melalui layanan Kami, termasuk pada data:

    1. Data jenis kartu (Visa atau MasterCard);

    2. Nama pemegang kartu;

    3. Nama bank penerbit kartu kredit;

    4. Nomor kartu (hanya 4 (empat) digit terakhir pada kartu);

    5. Tanggal kadaluarsa kartu.

     

    Untuk Pihak Ketiga yang Terafiliasi Dengan Kami

    Kami mengumpulkan Data Pribadi yang diperlukan untuk pengoperasian situs dan fitur-fitur di dalamnya. Data ini digunakan untuk mengidentifikasi, menghubungi, atau menemukan individu/entitas yang terkait dengan layanan yang disediakan oleh pihak ketiga pada situs. Selain itu, Kami juga mengumpulkan Data Pribadi yang diperlukan untuk pemenuhan kewajiban pembayaran dan pembebanan pajak terkait antara pihak ketiga dengan Kami.

     

    Karier dan Vendor

    Data yang kami kumpulkan untuk tujuan non-transaksi terkait:

    1. Karier;

    2. Vendor atau pemasok.

     

    Data Teknis

    Saat Anda menggunakan Layanan Online Kami, secara otomatis Kami mengumpulkan data teknis dari perangkat Anda untuk meningkatkan pengalaman Anda di situs Kami. Informasi yang Kami kumpulkan juga dapat melalui cookie untuk membantu menyediakan konten dan layanan yang relevan.

     

    Selain itu, Kami mengumpulkan data dari perangkat Anda dan aplikasi yang terinstal untuk  meningkatkan keamanan, mencegah aktivitas penipuan, serta penilaian risiko dan tujuan statistik, dengan tetap memastikan penghapusan terhadap pengidentifikasi pribadi Anda atau disamarkan untuk melindungi privasi Anda.

     

    Kami mengumpulkan data teknis berikut ini dari perangkat Anda:

    • Alamat IP

    • UDID (Pengenal Perangkat Unik)

    • ID Android

     

    Dalam hal Anda menggunakan fitur layanan yang disediakan oleh penyedia pihak ketiga yang bekerjasama dengan Bliink, termasuk namun tidak terbatas pada penyedia barang dan/atau jasa manufaktur perangkat, maka penyedia barang atau jasa tersebut dapat mengumpulkan data teknis tambahan, seperti:

    • IMEI & IMSI

    • Nomor Seri Kartu SIM

    • Alamat Mac Wi-Fi

     

    Penyedia pihak ketiga tersebut mengelola proses pengumpulan data mereka untuk tujuan tertentu, dan penanganan data mereka tunduk pada kebijakan privasi masing-masing sesuai dengan undang-undang perlindungan data yang berlaku dan standar industri.

    Cara Kami Menggunakan Data Pribadi Anda

    Persetujuan Anda

    Anda dapat memberikan persetujuan / consent Anda kepada Kami untuk menggunakan Data Pribadi Anda sehingga Kami dapat memberikan layanan terbaik Kami kepada Anda.

     

    Pemenuhan Kontrak

    Kami dapat memproses Data Pribadi Anda untuk memenuhi kewajiban kontraktual kami ketika Anda melakukan transaksi atau pemesanan dengan Kami.

     

    Kepentingan yang Sah

    Kami dapat menggunakan Data Pribadi Anda untuk kenyamanan Anda dalam menggunakan layanan Kami. Kami selalu memastikan bahwa kepentingan bisnis Kami tidak mengesampingkan hak dan privasi Anda.

  •   Syarat dan Ketentuan Umum
    Pendahuluan

    1. Terima kasih atas kunjungan Anda ke aplikasi, website dan Layanan Kami. Kami berharap kunjungan Anda dapat bermanfaat dan memberi kenyamanan dalam mengakses dan menggunakan seluruh Layanan yang tersedia di aplikasi atau website Kami. Kami terus menerus berupaya memperbaiki dan meningkatkan mutu pelayanan Kami, dan sangat menghargai segala kritik, saran dan masukan dari Anda. Silakan Anda menyampaikannya ke Kami melalui surel di hello@bliink.id atau telepon di xxx-xxxx-xxxx.

    2. Aplikasi dan website ini dimiliki, dioperasikan dan diselenggarakan oleh PT. Bliink Global Travel, perseroan terbatas yang berdiri atas dasar hukum Republik Indonesia termasuk afiliasi kami yaitu Bliink Private Limited (selanjutnya secara bersama-sama disebut sebagai “Kami” atau “Bliink”).  Layanan Kami tersedia secara online melalui: www.bliink.id atau mobile: XXXXXX atau berbagai akses, media, perangkat dan platform lainnya, baik yang sudah atau akan tersedia di kemudian hari.

    Umum

    1. Dengan mengakses dan menggunakan aplikasi, website atau Layanan Kami, Anda menyatakan telah membaca, memahami, menyetujui dan menyatakan tunduk pada Syarat dan Ketentuan Umum ini. 

    2. Dengan menggunakan aplikasi atau situs web Bliink, Pelanggan menyatakan dan menjamin telah berusia minimal 18 (delapan belas) tahun atau telah memperoleh persetujuan tertulis dari orang tua/wali hukum yang sah. Pelanggan dengan ini setuju bertanggung jawab atas segala konsekuensi hukum akibat pelanggaran ketentuan ini dan membebaskan Bliink dari segala tuntutan, klaim, atau gugatan hukum terkait. Bliink berhak untuk membatalkan transaksi, menangguhkan atau memblokir akun, serta mengambil langkah hukum lainnya tanpa pemberitahuan sebelumnya, tanpa mengurangi kewajiban Bliink untuk mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    3. Syarat dan Ketentuan Umum ini terdiri atas (i) Syarat dan Ketentuan Umum yang berlaku untuk setiap akses dan Layanan yang tersedia pada Website, dan (ii) syarat dan ketentuan khusus yang mengatur lebih lanjut ketentuan penggunaan produk atau Layanan tertentu. 

    4. Syarat dan Ketentuan Umum dapat Kami ubah, modifikasi, tambah, hapus atau koreksi (“perubahan”) setiap saat sesuai dengan pengembangan Website dan peraturan perundang-undangan. Anda Kami anjurkan untuk mengunjungi Website Kami secara berkala agar dapat mengetahui adanya perubahan tersebut.

    Penggunaan

    1. Produk-produk, teknologi dan proses yang terdapat atau terkandung dalam aplikasi atau website, dimiliki oleh Kami atau pihak ketiga yang memberi hak kepada Kami. Kecuali untuk penggunaan yang secara tegas diijinkan dan diperbolehkan dalam Syarat dan Ketentuan Umum ini, Anda tidak memiliki ataupun menerima apapun dari Bliink dan Bliink tidak memberikan hak lain apapun ke Anda atas aplikasi atau website ini, berikut dengan segala data, informasi dan konten di dalamnya.

    2. Dengan menggunakan aplikasi, website atau Layanan yang tersedia di dalamnya, maka Anda menyatakan setuju tidak akan mengunduh, menayangkan atau mentransmisi dengan cara apa pun, dan atau membuat konten apa pun tersedia untuk umum yang tidak konsisten dengan penggunaan yang diijinkan dalam Syarat dan Ketentuan Umum ini.

    3. Dalam aplikasi atau website ini mungkin terdapat link (tautan) ke website yang dikelola oleh pihak ketiga (“Situs Eksternal”) yang melakukan kerjasama dengan Kami. 

    4. Kami tidak mengoperasikan, mengendalikan atau mendukung dalam bentuk apa pun Situs Eksternal yang bersangkutan ataupun konten/isinya. Anda bertanggung jawab penuh atas penggunaan Situs Eksternal tersebut dan dianjurkan untuk mempelajari syarat dan ketentuan dari Situs Eksternal itu secara seksama. 

    5. Layanan yang tersedia dalam aplikasi atau website ini secara umum menggunakan sistem re-marketing dan sistem cookies yang memungkinkan pihak ketiga (termasuk dan tidak terbatas pada Google) mengakses dan menggunakan data kunjungan dalam sistem Cookies website ini untuk menampilkan dan menayangkan kembali tiap iklan Bliink melalui internet.

    6. Anda tidak boleh membuat link, melakukan screen capture atau data crawling ke aplikasi atau website tanpa adanya persetujuan tertulis sebelumnya dari Bliink. Hal-hal tersebut dianggap sebagai pelanggaran hak milik intelektual Bliink.

    Layanan Bliink

    1. Bliink menyediakan dan menyelenggarakan sistem dan fasilitas pemesanan online secara terpadu ("Layanan"), yang dapat melayani pemesanan/pemesanan termasuk namun tidak terbatas pada: AKOMODASI (hotel, hostel, apartment), TRANSPORTASI (udara-laut-darat),  ("Produk") yang memungkinkan Anda untuk mencari informasi atas Produk yang Anda inginkan, serta melakukan pemesanan dan pembelian dan sekaligus melakukan pembayaran secara online dan aman melalui berbagai sistem dan fasilitas pembayaran yang tersedia.

    2. Layanan Kami secara umum dapat tersedia secara online selama dua puluh empat jam sehari dan tujuh hari dalam seminggu; kecuali dalam hal adanya perbaikan, peningkatan atau pemeliharaan pada aplikasi atau website Kami.

    3. Produk disediakan, disuplai dan diselenggarakan oleh pihak ketiga ("Mitra Penyedia") yang telah mengadakan kerjasama dan telah mengadakan ikatan, baik secara langsung ataupun tidak langsung, dengan Kami. Anda memahami dan mengakui bahwa:

      • Pemesanan dan pembelian yang Anda lakukan melalui Bliink, merupakan hubungan hukum dan kontrak yang mengikat antara Anda dan Mitra Penyedia Kami. Dalam hal ini, Bliink bertindak sebagai agen atau perantara yang bertugas untuk memfasilitasi transaksi antara Anda dan Mitra Penyedia Kami. Hubungan Bliink dan Mitra Penyedia terbatas pada hubungan kemitraan, sehingga perlu kami tekankan bahwa Mitra Penyedia BUKAN merupakan bagian dari Bliink.

      • Data dan informasi termasuk foto terkait dengan Produk tertentu yang Kami cantumkan pada aplikasi atau website merupakan data dan informasi yang Kami terima dari Mitra Penyedia, dan Kami mempublikasikan data dan informasi tersebut dengan itikad baik sesuai dengan data dan informasi yang Kami terima. Oleh karena itu, data, informasi dan foto dapat berbeda dengan aslinya.

      • Kami tidak memiliki kendali atas data dan informasi yang diberikan oleh Mitra Penyedia, dan Kami tidak menjamin bahwa data dan informasi yang disajikan adalah akurat, lengkap, atau benar, dan terbebas dari kesalahan.

      • Kami tidak memiliki kendali atas tindakan dan kesalahan yang dilakukan oleh Mitra Penyedia sehingga menyebabkan kerugian yang dialami oleh Anda di kemudian hari. 

      • Anda tidak diperbolehkan untuk menjual kembali Produk Kami, menggunakan, menyalin, mengawasi, menampilkan, men-download, atau mereproduksi konten atau informasi, piranti lunak, atau Layanan apa pun yang tersedia di aplikasi atau website Kami untuk kegiatan atau tujuan komersial apapun, tanpa persetujuan tertulis dari Kami sebelumnya.

      • Anda dapat menggunakan aplikasi, website dan Layanan yang tersedia untuk membuat pemesanan/pembelian yang sah. Anda tidak diperbolehkan untuk membuat pemesanan/pembelian untuk tujuan spekulasi, tidak benar atau melanggar hukum. Jika Kami menemukan atau sewajarnya menduga bahwa pemesanan/pembelian yang Anda buat ternyata tidak sah, maka Kami mencadangkan hak untuk membatalkan pemesanan/pembelian Anda.

      • Anda juga menjamin bahwa data dan informasi yang Anda berikan ke Kami, baik sehubungan dengan pemesanan/pemesanan ataupun pendaftaran pada Bliink, adalah data dan informasi yang akurat, terkini dan lengkap. Untuk ketentuan penggunaan data dan informasi yang Anda berikan, silakan untuk merujuk pada Kebijakan Penggunaan Data.

      • Transaksi Bliink yang resmi hanyalah yang dilakukan melalui website dan/atau aplikasi Bliink. Kami tidak bertanggung jawab atas transaksi yang terjadi di luar website dan/atau aplikasi Bliink.

      • Komunikasi yang resmi dari Kami hanyalah yang berasal dari alamat email sebagai berikut: hello@bliink.id. Anda sepenuhnya bertanggung jawab terhadap setiap komunikasi di luar dari alamat email tersebut.

      • Segala informasi yang terdapat dalam Surat Konfirmasi hanya untuk nama yang tertera pada Surat Konfirmasi. Anda sepenuhnya bertanggung jawab terhadap setiap informasi yang tersebar karena kelalaian dan/atau kesengajaan Anda sehingga menimbulkan kerugian bagi Anda atau pihak ketiga yang lainnya.

      • Anda setuju terhadap syarat dan ketentuan terhadap produk dari Mitra Penyedia yang Anda pilih, Anda kami anjurkan untuk menghubungi kami melalui layanan pelanggan Kami sebelum melakukan pemesanan apabila terdapat pertanyaan atau membutuhkan informasi tambahan mengenai layanan produk dari Mitra Penyedia Kami.

    Pemesanan/Pembelian Produk

    1. Pemesanan/pembelian Produk dianggap berhasil atau selesai setelah Anda melakukan pelunasan pembayaran dan Bliink menerbitkan dan mengirim ke Anda, surat konfirmasi pemesanan/pembelian (“Surat Konfirmasi”). Apabila terjadi perselisihan atau permasalahan, maka data yang terdapat pada Bliink akan menjadi acuan utama dan dianggap sah.

    2. Dengan menyelesaikan pemesanan/pembelian, maka Anda dianggap setuju untuk menerima: (i) email yang akan Kami kirim tidak lama sebelum tanggal pelayanan yang Anda pesan, memberikan Anda informasi tentang Produk yang Anda pesan/beli, dan menyediakan Anda informasi dan penawaran tertentu (termasuk penawaran pihak ketiga yang telah Anda pilih sendiri) yang terkait dengan pemesanan dan tujuan Anda, dan (ii) email yang akan Kami kirim tidak lama setelah tanggal pelayanan untuk mengundang Anda untuk melengkapi formulir ulasan pengguna Produk Kami. Selain dari konfirmasi email yang menyediakan konfirmasi pemesanan dan email-email yang telah Anda pilih sendiri, Kami tidak akan mengirimkan pemberitahuan (baik yang diinginkan maupun yang tidak), email, korespondensi lebih lanjut, kecuali jika diminta secara khusus oleh Anda.

    3. Anda diwajibkan untuk memperhatikan syarat dan ketentuan Produk yang terkait dengan:  (i) pembatasan usia, (ii) diperlukannya reservasi dan/atau konfirmasi terlebih dahulu sebelum kehadiran, (iii) adanya tanggal tetap (fixed) yang tidak bisa diubah , (iv) ketidakhadiran (no show) oleh Anda dan keterkaitannya dengan pengembalian dana , (v) pembatasan pengalihan atau perubahan nama pada Surat Konfirmasi, (vi) dokumen yang harus dibawa pada saat penukaran Surat Konfirmasi, (vii) kartu kredit asli yang dipakai saat pemesanan/pembelian yang harus dibawa pada saat penukaran Surat Konfirmasi. Anda sepenuhnya bertanggung jawab dalam hal Anda lalai memperhatikan dan/atau tidak memperhatikan syarat dan ketentuan tertentu tersebut.

    4. Beberapa Produk memiliki kewajiban untuk melakukan reservasi terlebih dahulu sesuai dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh Mitra Penyedia atau Kami. Anda bertanggung jawab sepenuhnya untuk mengikuti pengaturan tersebut. Khusus untuk pemesanan dalam bentuk fitur multi order, Anda memahami bahwa Bliink hanya bertanggung jawab terhadap pesanan Anda per Order Detail ID.

    5. Untuk jalur penerbangan internasional, Anda atau pengguna harus memiliki paspor dengan masa berlaku sekurang - kurangnya 6 (enam) bulan, pada saat tanggal keberangkatan dan/atau kepulangan.

    6. Anda sepenuhnya bertanggung jawab untuk memiliki setiap dokumen dan informasi yang dibutuhkan terkait ketibaan untuk penerbangan internasional, termasuk namun tidak terbatas pada visa.

    7. Khusus untuk Produk dalam bentuk tiket pesawat, Anda memahami bahwa Produk harus digunakan secara berurutan. Syarat dan ketentuan penjadwalan ulang akan tunduk pada kebijakan Mitra Penyedia. Jika Produk dalam bentuk tiket pesawat untuk keberangkatan tidak dipakai (no show), maka tiket kedatangan secara otomatis hangus. Kami menyarankan agar Anda menghubungi Customer Care Kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

    8. Masa berlaku untuk Produk dalam bentuk tiket pesawat adalah sebagaimana ditentukan oleh Mitra Penyedia dan/atau Kami.

    9. Semua aturan terkait bagasi, termasuk namun tidak terbatas pada berat, ukuran, jumlah, dsb, untuk Produk yang berlaku adalah sesuai kebijakan Mitra Penyedia dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

    10. Kecuali ditentukan lain oleh Mitra Penyedia, tiket hanya dapat digunakan oleh yang namanya tercantum pada Surat Konfirmasi.

    Harga Produk

    1. Kami selalu berupaya untuk menyediakan harga terbaik atas Produk untuk dapat dipesan oleh Anda. Harga yang tertera mungkin memiliki syarat dan ketentuan khusus, sehingga Anda harus memeriksa sendiri dan memahami syarat dan ketentuan khusus yang berlaku terhadap suatu harga atau tarif tertentu sebelum Anda melakukan pemesanan. Anda juga perlu memeriksa dan memahami ketentuan mengenai pembatalan dan pengembalian dana yang secara khusus berlaku untuk Produk dan/atau harga tertentu.

    2. Harga yang tercantum belum termasuk pajak, pungutan, biaya dan ongkos lainnya yang akan Kami uraian secara tegas pada aplikasi, website pada Bliink atau Surat Konfirmasi dari Bliink. Terkadang harga yang Kami peroleh dari Mitra Penyedia dalam mata uang Negara lain, dan Kami berupaya untuk mengkonversi harga sesuai dengan mata uang yang Anda pilih, dengan kurs konversi yang terbaik yang dapat Kami peroleh dengan ketentuan dalam hal terdapat permintaan pengembalian dana maka akan menggunakan nilai konversi pada saat pembelian Produk tersebut.

    3. Harga yang ditampilkan dapat berubah berdasarkan keadaan tertentu. Walaupun sangat kecil kemungkinannya namun Kami dapat membatalkan, menolak atau merubah pemesanan Anda dalam hal terdapat penyesuaian ataupun kesalahan Mitra Penyedia Kami yang dapat menyebabkan perbedaan informasi atas produk milik Mitra Penyedia Kami pada aplikasi, website dan Layanan Kami (contoh harga ataupun fasilitas yang diberikan). Sebagai akibatnya, Kami dapat menyesuaikan pemesanan yang Anda buat atau Kami akan melakukan pengembalian dana atas biaya yang dibayarkan kepada Kami. Keputusan akhir adalah diskresi dari Bliink.

       

    Pembayaran

    1. Pelunasan atas harga pembelian merupakan syarat untuk mendapatkan Produk dari Mitra Penyedia Kami.

    2. Kami menerima pembayaran dengan sistem pembayaran menggunakan kartu kredit (VISA, Master Card, American Express dan JCB), Virtual Account, transfer antar rekening serta antar bank, dan metode pembayaran lainnya sebagaimana tercantum di aplikasi atau website.

    3. Untuk melindungi dan mengenkripsi informasi kartu kredit Anda, Kami menggunakan fasilitas teknologi "Secure Socket Layer (SSL)";

    4. Dalam hal terjadi kasus penipuan kartu kredit atau penyalahgunaan sistem pembayaran oleh pihak ketiga manapun, maka kejadian tersebut harus segera dilaporkan ke Kami dan perusahaan/bank penerbit kartu kredit Anda, untuk Anda memperoleh penanganan lebih lanjut sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku.

    5. Apabila berdasarkan pertimbangan kami terdapat indikasi penyalahgunaan atau penipuan (fraud) pada kartu kredit Anda dalam melakukan transaksi di platform Bliink, maka Bliink berhak untuk melakukan pembatalan atas transaksi pembelian Produk atau melakukan pemblokiran terhadap fitur pembayaran menggunakan kartu kredit pada saat melakukan transaksi tanpa adanya pemberitahuan. Bliink tidak memiliki kendali atas setiap kebijakan dari bank penerbit kartu kredit, Bliink menyarankan agar Anda atau pelanggan untuk berkoordinasi secara langsung dengan bank penerbit kartu kredit.

    6. Bliink memiliki hak untuk melaporkan kepada pihak yang berwenang dalam hal ditemukan adanya indikasi penyalahgunaan, penipuan atau tindakan melanggar hukum lainnya sehubungan dengan setiap kegiatan yang terjadi pada platform Bliink.

    7. Anda wajib memperhatikan secara teliti instruksi pembayaran yang Kami berikan. Kekeliruan pembayaran yang Anda lakukan sebagai berikut: (i) pengisian nomor rekening Kami maupun nomor Virtual Account yang Kami tentukan untuk setiap pemesanan yang Anda lakukan; dan/atau (ii) kesalahan melakukan nominal pembayaran atas pemesanan Anda, yang mengakibatkan berpindahnya dana Anda ke rekening atau Virtual Account yang tidak sesuai dengan instruksi pembayaran yang Kami berikan ataupun terdebetnya rekening bank Anda sejumlah nilai nominal yang tidak sesuai dengan instruksi pembayaran yang Kami berikan, sehingga mengakibatkan tidak terkonfirmasinya pesanan Anda, maka Anda dengan ini mengetahui dan menyetujui bahwa Kami tidak memiliki kewajiban untuk melakukan pengembalian dana kepada Anda sebagai akibat dari kekeliruan ataupun kelalaian yang Anda lakukan sendiri dengan tidak mengikuti instruksi pembayaran yang telah Kami berikan, sehingga dengan demikian kerugian tersebut menjadi risiko dan tanggung jawab Anda sepenuhnya. Selain itu, kekeliruan pembayaran sebagaimana disebutkan di atas tidak dapat dianggap sebagai pembayaran yang sah atas pesanan Anda, sehingga Anda harus melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi pembayaran yang telah Kami berikan untuk mendapatkan konfirmasi terhadap pesanan yang Anda lakukan.

    8. Kami menerima pembayaran yang dilakukan dengan gift voucher, Bliink points, gift card dan/atau bentuk lainnya yang secara resmi diterbitkan dan diterima oleh Kami. Namun dalam hal terjadi pembatalan pesanan Produk karena alasan apapun, maka pengembalian dana hanya akan sebesar pembayaran dengan nilai nominal yang Anda bayarkan ke Bliink pada saat melakukan transaksi pemesanan/pembelian Produk , sedangkan nilai yang dibayarkan secara non-tunai seperti dalam bentuk gift voucher, gift card dan/atau bentuk lainnya tersebut menjadi hangus atau tidak dapat dikembalikan.

    9. Atas setiap pemesanan/pembelian yang dapat Kami konfirmasi, Kami akan mengirim Anda Surat Konfirmasi via email yang berisi uraian Produk dan pemesanan/pembelian yang Anda buat serta konfirmasi pembayaran. Anda bertanggung-jawab untuk mencetak dan menjaga informasi yang tertera pada Surat Konfirmasi yang Kami kirim. Surat Konfirmasi ini merupakan dokumen yang sangat penting dan Anda wajib membawa cetakan dari Surat Konfirmasi ini pada saat Anda akan menggunakan atau mengambil Produk yang Anda beli. Kami atau Mitra Penyedia dapat untuk menolak memberikan Produk atau pelayanan, jika Anda tidak dapat membuktikan bahwa Anda telah secara sah melakukan pemesanan dan pelunasan atas Produk, dan Anda dengan ini membebaskan Bliink dari segala tanggung-jawab atas setiap kerugian yang timbul akibat tidak dapat digunakannya Produk tersebut.

    10. Konfirmasi yang Anda terima dari Kami setelah Anda selesai melakukan pemesanan dan sebelum melakukan pembayaran adalah acuan bahwa proses transaksi pembelian sedang terjadi. Anda hanya dapat melakukan pembatalan setiap saat sebelum pembayaran dilakukan. Atas pembayaran Produk yang telah Anda lakukan, mohon menunggu hingga Anda menerima Surat Konfirmasi. Dalam hal Surat Konfirmasi tidak segera Anda terima, jangan batalkan atau ubah pemesanan Anda dan segera hubungi Customer Service Kami untuk penjelasan lebih lanjut.

    11. Dalam hal Anda melakukan pembayaran dengan kartu kredit, Anda menegaskan bahwa semua permintaan pengembalian dana yang diajukan kepada Bliink adalah bentuk dari persetujuan yang tegas dari Anda untuk menolak/melepaskan/menghentikan permintaan yang Anda ajukan kepada bank penerbit kartu kredit atas transaksi yang sama. Bliink memiliki hak untuk membatalkan permintaan pengembalian dana yang telah dikabulkan oleh Bliink atau voucher yang telah diberikan Bliink dalam hal ada pengembalian ganda.

    12. Dalam hal Anda meminta adanya perubahan atau pembatalan pada transaksi, Anda setuju bahwa Bliink dapat menyesuaikan atau membatalkan manfaat yang Anda dapat dari transaksi tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada Bliink points.

    Perubahan dan Pembatalan

    1. Kecuali secara tegas dinyatakan lain dalam Syarat dan Ketentuan Umum ini atau ditentukan secara terpisah sesuai kebijakan Mitra Penyedia, semua pembelian Produk di Bliink tidak dapat diubah, dibatalkan, dikembalikan uang, ditukar atau dialihkan ke orang/pihak lain.

    2. Dengan melakukan pemesanan atau pembelian Produk di Bliink, Anda dianggap telah memahami, menerima dan menyetujui kebijakan dan ketentuan pembatalan, serta segala syarat dan ketentuan tambahan yang diberlakukan oleh Mitra Penyedia. Harap dicatat bahwa tarif atau penawaran tertentu tidak memenuhi syarat untuk pembatalan atau pengubahan. Anda bertanggung-jawab untuk memeriksa dan memahami sendiri kebijakan dan ketentuan pembatalan tersebut sebelumnya.

    3. Tata cara pengajuan perubahan dan pembatalan atas pesanan (jika ada) diatur dalam Surat Konfirmasi maupun media lainnya yang dapat Kami perbaharui dari waktu ke waktu.

    4. Untuk setiap pembatalan pesanan yang Anda lakukan dan/atau pembatalan yang dilakukan oleh Mitra Penyedia, Kami akan melakukan pengembalian dana dengan ketentuan yang berlaku.

    5. Kami akan meneruskan setiap pembatalan pesanan yang Anda lakukan kepada Mitra Penyedia. Kami memerlukan waktu untuk mendapatkan kembali pembayaran yang Anda lakukan sebelumnya, yang telah Kami teruskan kepada Mitra Penyedia. Oleh karenanya, Anda memaklumi setiap waktu yang Kami butuhkan untuk mengembalikan dana tersebut kepada Anda.

    6. Anda menyetujui bahwa Kami hanya dapat memproses pengajuan pembatalan yang sesuai dengan syarat dan ketentuan pembatalan yang diberlakukan oleh Mitra Penyedia, Syarat dan Ketentuan Penggunaan Bliink, Syarat dan Ketentuan e-Refund serta syarat dan ketentuan lainnya yang berlaku pada aplikasi dan website Kami. Untuk itu, Anda membebaskan Kami dalam hal terdapat kerugian yang Anda derita akibat dari pengajuan pembatalan yang Anda lakukan dan/atau pembatalan yang dilakukan oleh Mitra Penyedia serta kelalaian Anda dalam memenuhi ketentuan syarat dan ketentuan pembatalan yang diberlakukan oleh Mitra Penyedia, Syarat dan Ketentuan Penggunaan Bliink, Syarat dan Ketentuan e-Refund serta syarat dan ketentuan lainnya yang berlaku pada aplikasi dan website Kami.

      • Khusus untuk pemesanan dalam bentuk fitur multi order, Anda memahami bahwa Bliink hanya bertanggung jawab terhadap pesanan Anda per Order Detail ID. Anda dapat melihat order detail id pada fitur My Booking.

    7. Walaupun sangat kecil kemungkinan Kami membatalkan atau mengubah pemesanan sebagaimana terdapat dalam Surat Konfirmasi, namun dalam hal terdapat kejadian tersebut, maka Kami akan memberitahu Anda secepat mungkin atau sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh Kami. Dalam hal pembatalan atau perubahan apapun terkait pesanan tersebut dilakukan atas dasar kebijakan/keputusan dari Mitra Penyedia, hal tersebut adalah di luar kendali Kami. Oleh karenanya, tanggung jawab Kami hanya terbatas pada pelaksanaan pengembalian dana sesuai dengan arahan serta syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Mitra Penyedia dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    8. Dalam hal Mitra Penyedia mengalami keadaan di mana tidak bisa menyerahkan atau menyediakan Produk, maka Anda tunduk pada syarat dan ketentuan Mitra Penyedia atau pihak yang ditunjuk untuk bertindak untuk dan atas nama Mitra Penyedia.

    9. Baik Bliink maupun Mitra Penyedia kami tidak dapat bertanggung jawab ataupun menanggung kerugian Anda, dalam hal Kami tidak dapat menyerahkan Produk atau memberi Layanan kepada Anda, sebagai akibat dari hal-hal yang terjadi akibat keadaan memaksa atau yang di luar kekuasaan Kami atau Mitra Penyedia untuk mengendalikan, seperti, namun tidak terbatas pada: perang, kerusuhan, terorisme, perselisihan industrial, tindakan pemerintah, epidemik, pandemik, bencana alam, kebakaran atau banjir, cuaca ekstrim, dan lain sebagainya.

    10. Jika Anda tidak mendapatkan Produk sesuai dengan Surat Konfirmasi, maka Kami akan merekomendasikan Produk yang sejenis dengan harga yang sejenis atau setara dengan Produk yang Anda beli, tanpa ada beban biaya tambahan, atau memberikan uang Anda kembali secara penuh dengan syarat dan ketentuan yang diatur oleh Bliink dari waktu ke waktu.

    11. Dalam hal Anda meminta adanya perubahan atau pembatalan pada transaksi, Anda setuju bahwa Bliink dapat menyesuaikan atau membatalkan manfaat yang Anda dapat dari transaksi tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada Bliink Points.

    Ketentuan Pengembalian Dana

    1. Dengan mengajukan fitur pengembalian dana serta memasukkan rekening bank pada fitur pengembalian dana untuk produk Bliink seperti dan tidak terbatas pada akomodasi, tiket pesawat terbang, sewa mobil, dan To Do, maka Pelanggan dianggap setuju terhadap setiap Syarat dan ketentuan terkait pengembalian dana ini (”Syarat dan Ketentuan Pengembalian Dana”).

    2. Pengembalian dana dilakukan dengan jumlah dan waktu sesuai dengan kebijakan dan ketentuan pembatalan yang diberlakukan oleh Mitra Penyedia dan/atau Kami dari waktu ke waktu.

    3. Jumlah dana yang dikembalikan kepada Anda tidak lebih besar dari jumlah nominal yang Anda bayarkan kepada Kami pada saat Anda melakukan transaksi pembelian Produk Bliink, disesuaikan dengan kebijakan yang diberlakukan oleh masing-masing Mitra Penyedia dan/atau Kami.

    4. Pelanggan wajib memastikan keakuratan informasi rekening bank yang akan digunakan untuk proses pengembalian dana. Pelanggan secara tegas menyatakan sepenuhnya bertanggung jawab terhadap setiap permasalahan yang timbul akibat dari kesalahan keakuratan informasi rekening bank yang dinyatakan oleh Pelanggan.

    5. Bliink dapat meminta Pelanggan untuk mengirimkan detail informasi rekening bank (apabila) Pelanggan belum memberikan detail tersebut. Dalam hal setelah 1x24 jam sejak permintaan dari Bliink Pelanggan belum mengirimkan detail informasi rekening bank, maka Bliink berhak untuk memproses pengembalian dana tersebut ke akun Bliink wallet milik Pelanggan atau ke saldo Bliink Points Pelanggan sesuai dengan kebijakan Bliink.

    6. Syarat dan ketentuan ini hanya berlaku untuk setiap transaksi pembelian produk pada platform Bliink yang menggunakan setiap media pembayaran yang tersedia kecuali yang menggunakan kartu kredit.

    7. Untuk transaksi yang pembayarannya menggunakan kartu kredit, maka pengembalian dana dilakukan melalui kartu kredit yang Anda gunakan pada saat transaksi Produk Bliink dengan memperhatikan ketentuan yang diatur oleh bank penerbit kartu kredit terkait.

    8. Pengembalian dana akan diproses sesuai dengan metode pembayaran yang digunakan dengan ketentuan sebagai berikut:

      • Jika pembayaran dilakukan menggunakan kartu kredit, maka pengembalian dana akan dikreditkan kembali ke limit kartu kredit yang digunakan dalam transaksi tersebut.

    9. Dalam hal Anda melakukan pembayaran dengan kartu kredit, Anda menegaskan bahwa semua permintaan pengembalian dana yang diajukan kepada Bliink adalah bentuk dari persetujuan yang tegas dari Anda untuk menolak/melepaskan/menghentikan permintaan yang Anda ajukan kepada bank penerbit kartu kredit atas transaksi yang sama. Bliink memiliki hak untuk membatalkan permintaan pengembalian dana yang sebelumnya telah disetujui oleh Bliink atau voucher yang telah diberikan Bliink dalam hal terdapat pengembalian ganda.

    10. Pelanggan dengan ini menyatakan bahwa proses pengembalian dana tersebut tidak berkaitan dengan kegiatan pencucian dana, pendanaan terhadap terorisme, kegiatan ilegal atau kriminal lainnya. Pelanggan secara tegas menyatakan sepenuhnya bertanggung jawab terhadap setiap penggunaan terhadap dana hasil pengembalian dana.

    11. Bliink berhak secara sepihak untuk menahan proses pengembalian dana serta menahan dana milik Pelanggan apabila berdasarkan penilaian Bliink Pelanggan melakukan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini termasuk melakukan penyalahgunaan terhadap fitur pengembalian dana yang dilakukan oleh Pelanggan.

    12. Bliink berhak untuk melakukan setiap tindakan yang diperlukan untuk memitigasi risiko pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Pengembalian Dana ini termasuk namun tidak terbatas pada melakukan pelaporan kepada institusi yang berwenang atau melakukan konfirmasi terkait permintaan pengembalian dana baik kepada Pelanggan atau ke perusahaan/institusi tempat Pelanggan bekerja sebagaimana diperlukan oleh Bliink.

    13. Proses pengembalian dana sepenuhnya merupakan hubungan hukum antara Anda dan Mitra Penyedia, dalam hal ini Kami hanya bertindak sebagai agen penjual yang meneruskan permintaan Anda kepada Mitra Penyedia. Anda sepenuhnya bertanggung jawab jika Mitra Penyedia karena sebab apa pun juga atau secara hukum tidak dapat melakukan pengembalian dana kepada Anda. Anda dengan ini membebaskan Bliink dari segala tuntutan dan kerugian yang mungkin Anda derita sebagai akibat dari pembatalan yang dilakukan oleh Mitra Penyedia dan/atau ketidakmampuan Mitra Penyedia untuk mengembalikan dana Anda.

    Keamanan

    1. Pada saat Anda membuat pemesanan atau mengakses informasi akun Anda, Anda akan menggunakan akses Secure Server Layer (SSL) akan mengenkripsi informasi yang Anda kirimkan melalui aplikasi atau website Kami.

    2. Walaupun Bliink akan menggunakan upaya terbaik untuk memastikan keamanannya, Bliink tidak bisa menjamin seberapa kuat atau efektifnya enkripsi ini dan Anda sepenuhnya bertanggung jawab atas masalah yang terjadi akibat penggunaan yang tidak sah atas akun Bliink milik Anda yang timbul dari informasi yang Anda sediakan.

    3. Anda wajib memastikan bahwa perangkat atau device yang digunakan untuk login menggunakan akun Bliink Anda berada di bawah penguasaan Anda. Untuk itu, Anda membebaskan Kami dari segala kerugian yang timbul dan mungkin timbul akibat kelalaian Anda sehubungan dengan perangkat atau device yang Anda gunakan.

    4. Anda menyadari bahwa kerahasiaan akun Bliink Anda merupakan tanggung jawab Anda sepenuhnya. Untuk itu, Kami menyarankan Anda untuk mengganti secara berkala password yang Anda gunakan untuk akun Bliink Anda.

    Akun Anda

    1. Untuk keperluan pendaftaran dan pembukaan akun Anda, Kami akan mengumpulkan dan memproses informasi pribadi Anda, seperti nama Anda, alamat surat elektronik (email), dan nomor ponsel Anda. Anda setuju untuk memberi Kami informasi yang akurat, lengkap, dan terbaru dan setuju untuk memberi Kami bukti identitas yang akan Kami minta secara wajar.

    2. Hanya Anda yang dapat menggunakan akun Anda sendiri dan Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda tidak akan mengizinkan pihak lain untuk menggunakan identitas Anda atau akun Anda dengan alasan apa pun, kecuali diizinkan oleh Kami atau Anda. 

    3. Anda tidak dapat mentransfer akun Anda ke pihak lain mana pun. Anda dengan ini menyatakan bahwa Kami akan dibebaskan dari tanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Anda yang diakibatkan oleh kelalaian Anda, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi (OTP), password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Anda.

    4. Anda harus menjaga keamanan dan kerahasiaan kata sandi akun Anda dan identifikasi apa pun yang Kami berikan kepada Anda untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Anda. Dalam hal terjadi pengungkapan kata sandi sebagai akibat kelalaian Anda, dengan cara apa pun yang mengakibatkan penggunaan akun atau identitas Anda secara tidak sah, pesanan yang diterima dari penggunaan yang tidak sah tersebut akan tetap dianggap sebagai pesanan yang valid dan Kami akan memproses pesanan tersebut. Anda dengan ini menyatakan bahwa Anda membebaskan Kami dari tanggung jawab atas kehilangan, kerugian dan/atau kerusakan yang timbul dari penyalahgunaan akun Anda.

    5. Kami tidak akan meminta username, password maupun kode SMS verifikasi atau kode OTP milik akun Anda untuk alasan apapun. Oleh karena itu Kami menghimbau Anda agar tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan Kami atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.

    6. Jika Anda tidak lagi memiliki kendali atas akun Anda, Anda diharuskan untuk segera memberi tahu Kami (mis.: akun Anda diretas dengan cara apa pun atau ponsel Anda dicuri) sehingga Kami dapat memblokir sementara dan/atau menonaktifkan akun Anda dengan benar. Harap perhatikan bahwa Anda bertanggung jawab atas penggunaan akun Anda dan akan bertanggung jawab atas akun Anda meskipun disalahgunakan oleh orang lain. 

    7. Kami memiliki hak penuh untuk termasuk namun tidak terbatas memblokir sementara, menghapus, menonaktifkan akun Anda atau tidak akan melanjutkan/menahan proses pengembalian dana, yang atas dasar kebijakan Kami sendiri dan untuk alasan apapun tanpa memberikan pemberitahuan sebelumnya kepada Anda. Alasan tersebut dapat mencakup tetapi tidak terbatas pada:

      • Pelanggaran ketentuan ini, 

      • Larangan dalam peraturan, 

      • Penipuan atau pencurian (termasuk indikasi atau dugaan adanya penipuan atau pencurian), kecurigaan aktivitas kriminal, 

      • Pemesanan yang mencurigakan, 

      • Pemberian informasi yang tidak akurat, salah atau menyesatkan, 

      • Perilaku, ancaman, atau penghinaan yang tidak pantas,

      • Penolakan untuk memberikan informasi, 

      • Sulit dihubungi/dijangkau, atau 

      • Anda terdaftar pada "daftar hitam" atau "daftar pantauan" oleh pemerintah atau organisasi internasional.

    8. Anda setuju bahwa segala risiko dan akibat atas pemblokiran, penghapusan, atau inaktivasi akun Anda akan menjadi risiko Anda. Kami memiliki hak untuk melakukan segala tindakan yang diperlukan untuk mengurangi risiko dan/atau kerugian Kami.

    9. Dengan pembukaan dan penggunaan akun di aplikasi atau website Kami, maka Anda membebaskan Kami atas segala tanggung jawab, kehilangan, dan/atau kerugian yang timbul akibat penggunaan akun Anda, serta jika Kami melaksanakan segala tindakan yang Kami anggap perlu dalam pelaksanaan ketentuan akun sebagaimana diatur dalam poin diatas.

    Kebijakan Penggunaan Data

    1. Kami menganggap privasi Anda sebagai hal yang penting.

    2. Pada saat Anda membuat pemesanan/pembelian di aplikasi atau website Bliink, Kami akan mencatat dan menyimpan informasi dan data pribadi Anda. Pada prinsipnya, data Anda akan Kami gunakan untuk menyediakan produk dan memberi layanan kepada Anda. Kami akan menyimpan setiap data yang Anda berikan, dari waktu ke waktu, atau yang Kami kumpulkan dari penggunaan produk dan layanan Kami. Data pribadi Anda yang ada pada Kami, dapat Kami gunakan untuk keperluan akuntansi, tagihan, audit, verifikasi kredit, atau pembayaran, serta keperluan keamanan, administrasi dan legal, reward points atau bentuk sejenisnya, pengujian, pemeliharaan dan pengembangan sistem, hubungan pelanggan, pemberitahuan program promosi, campaign dan informasi lainnya dengan mengirimkan Anda newsletter atau push notification secara otomatis, termasuk namun tidak terbatas melalui surat elektronik, WhatsApp, serta melalui media sosial (seperti YouTube, Instagram, Facebook, Twitter, Tiktok, Line, Tumblr, Telegram, Reddit, Snapchat, LinkedIn, dan lain-lain) dan membantu Kami di kemudian hari dalam memberi pelayanan kepada Anda. Sehubungan dengan itu, Kami dapat mengungkapkan data Anda kepada group perusahaan di mana Bliink tergabung di dalamnya, Mitra Penyedia Produk, perusahaan lain yang merupakan rekanan dari Bliink, perusahaan pemroses data yang terikat kontrak dengan Kami, dan agen perjalanan.

    3. Dalam semua transaksi penjualan Produk Bliink, Bliink hanya bertindak sebagai penyalur Produk yang disediakan oleh Mitra Penyedia. Khusus untuk transaksi penjualan produk asuransi, untuk menghindari adanya keragu-raguan, Anda atau pelanggan dengan ini memahami bahwa hubungan hukum terkait penyelenggaraan produk asuransi adalah antara pelanggan dengan mitra penyedia produk asuransi. Untuk itu, semua mitra penyedia produk asuransi, bertanggung jawab atas penyelenggaraan produk asuransi miliknya dan juga terkait pelaksanaan kewajiban kerahasiaan data pribadi sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku yang diberikan oleh Anda atau pelanggan untuk pembelian produk asuransi milik penyedia produk asuransi. Hal ini termasuk namun tidak terbatas pada data-data milik pelanggan yang diperlukan sehubungan dengan pengajuan asuransi dan klaim.

    Ketentuan Lain

    1. Syarat dan Ketentuan Umum ini tunduk pada hukum Negara Republik Indonesia.

    2. Bahasa yang dipakai untuk Syarat dan Ketentuan Umum ini adalah Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dalam hal ada perbedaan pengertian ataupun penafsiran dari kedua Bahasa tersebut, maka yang berlaku adalah Bahasa Indonesia atau versi yang ditentukan oleh Kami.

    3. Akan ada keadaan dimana syarat dan ketentuan untuk beberapa Produk berada di laman terpisah. Dalam hal terdapat perbedaan antara syarat dan ketentuan di laman lain dengan Syarat dan Ketentuan Umum ini, maka Syarat dan Ketentuan Umum ini yang akan berlaku.

    4. Seluruh perselisihan yang terkait dengan Syarat & Ketentuan akan diselesaikan secara musyawarah dan apabila tidak dapat dilakukan penyelesaian secara kekeluargaan maka penyelesaian perselisihan dilakukan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen di Jakarta, tanpa mengurangi hak Bliink untuk mengajukan gugatan di pengadilan manapun di seluruh Indonesia.

bottom of page